#K2C Kenang 13 Tahun Karya Chrisye dalam Bentuk Digital

 #K2C Kenang 13 Tahun Karya Chrisye dalam Bentuk Digital

Penggagas #K2C yang juga seorang politisi, Ferry Mursyidan Baldan, memberi keterangan tentang video kenangan 13 tahun kepergian Chrisye. (Foto : Ist)

 Telescopemagz.com  —  Kenangan terhadap orang yang disayangi dan dikagumi bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya lewat komunitas yang mengagumi sosok penyanyi legend almarhum Chrisye, yaitu Komunitas Kangen Chrisye (#K2C).

Pada peringatan mengenang 13 tahun kepergian Chrisye yang jatuh pada 30 Maret 2020, #K2C melakukan kegiatan berupa pembuatan video berdurasi 39 menit.

Menurut penggagas #K2C yang juga seorang politisi, Ferry Mursyidan Baldan dalam keterangannya yang disampaikan dalam video, Senin (30/3/2020), video ini dibuat dalam rangka memperingati 13 tahun wafatnya Chrisye, yang jatuh pada 30 Maret lalu.

“Namun adanya wabah virus Corona, dan dilarang mengumpulkan banyak orang, membuat acara ini jadi kita ubah konsepnya. Akhirnya diskusi tidak berlangsung secara tatap muka, dan dipindahkan dalam format via video. Nara sumber pun mengirim jawaban via video rekaman, lalu kami upload ke  youtube,” ujar Ferry.

Untuk itulah, Ferry dibantu salah satu anggota K2C, Gedion Momongan, yang bertugas melobi beberapa penyanyi dan musisi dalam pembuatan videonya. Selanjutnya, rekaman ini dimuat atau di posting ke Instagram atau Facebook dengan hastag #K2C mengenangchrisye#dirumahsaja

“Awalnya peringatan 13 tahun  wafatnya Chrisye dirancang sebagai acara diskusi terbatas, yang digelar di sebuah kafe, dengan nara sumber Erwin Gutawa, Candra Darusman dan Keenan Nasution,” ujar Ferry.

Di video ini terlibat musisi ternama seperti gitaris Jubing Kristianto, yang dengan piawainya memainkan lagu pop ‘Berita Ironi’, ciptaan Eros Jarot.  Petikan handal dari almarhum gitaris Jockie Soeryoprajogo juga “ikut” dalam irama dangdut di bagian chorus.

Gitaris lainya, Mr Wancum malah dengan berani mengubah lagu balada  ‘Damai Bersamamu’ yang terkenal lembut dibawakan Chrisye,  menjadi lebih cadas, gres dan kreatif.

Di video kenangan 13 tahun Chrisye,  terlibat pula artis lainnya antara lain Otti Jamalus, Yance Manusama yang membawakan lagu ‘Serasa’  dalam balutan nuansa musik jazz, Netta KD melantunkan ‘Malam Pertama’,  Che Cupumanik membawakan lagu ‘Andai Aku Bisa’, Jhon Paul Ivan dan Windy Saraswati melantunkan ‘Aku Cinta Dia’ dan masih banyak lagi.

“Mendengar lagu Chrisye via video bisa menjadi alternative hiburan sehat dan lebih personal, karena bisa menemani masyarakat yang sekarang dalam kondisi tetap harus di rumah,” ujar Gideon.

Video berdurasi 39 menit lebih ini, memuat juga salam perpisahan untuk istri Chrisye, Damayanti Noor yang wafat 8 Februari 2020. Wartawan juga ikut berpartisipasi menyanyikan lagu ‘Lilin-lilin kecil ‘ karya James F Sundah.

 

Pewarta : Doni

Editor : Ari

Redaksi

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *