FPPSKI Adakan  Kompetisi Video Gerak Jurus Keris Indonesia

 FPPSKI Adakan  Kompetisi Video Gerak Jurus Keris Indonesia

Foto : Ist

Telescopemagz.com – Guna memutus rantai penyebaran Covid-19 dan ikut anjuran pemerintah terkait Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), serta anjuran belajar di rumah saja, Forum Pelestari Pencak Silat Keris Indonesia (FPPSKI) mengadakan kompetisi video online, jurus-jurus pencak silat keris.

Menurut Riyandi, Sekretaris Jenderal FPPSKI,  yang juga ketua pelaksana, kompetisi dibuka secara umum, dengan menerima peserta kompetisi dari berbagai perguruan pencak silat dan gratis pendaftaran.

“Sistem pelaksanaan kompetisi dilakukan melalui pembuatan video jurus-jurus pencak silat keris dari para peserta, dengan durasi satu menit. Pengambilan video dilakukan dari rumah masing-masing peserta,” kata Riyandi, di Jakarta, Senin (20/4/2020).

Diakui Riyandi, bahwa kegiatan FPPSKI yang terfokus dalam pelestarian pencak silat keris Indonesia, semenjak adanya pandemi Covid-19 banyak yang terhambat. Karena itu FPPSKI mengkonsep sebuah pelaksanaan kegiatan kompetisi online “Pencak Silat Keris Indonesia”, sebagai upaya FPPSKI untuk terus bergerak dalam melestarikan budaya, walau masih dalam keadaan pandemi Covid-19.

“Kami memerlukan beberapa waktu untuk mendiskusikan dengan Ketua Umum FPPSKI dan beberapa tim kami, agar dapat menyesuaikan diri dengan keadaan. Sehingga kami dapat terus menjalankan kegiatan, tanpa harus melanggar peraturan pemerintah. Karena kebanyakan dari pelaksanaan kegiatan kami seperti seminar, latihan gabungan, diskusi budaya dan lain-lain memerlukan kontak secara langsung dengan para anggota forum,” jelas dia.

“Adanya pandemi Covid-19, mau tidak mau kami harus mematuhi himbauan PSBB. Sehingga kami harus menunda, bahkan membatalkan beberapa rencana pelaksanaan kegiatan kami,” kata Riyandi.

Kesepakatan dari rapat Online tersebut, tim FPPSKI di bawah persetujuan Ketua Umum FPPSKI H Anwar Al-Batawi, sepakat untuk mengadakan sebuah kegiatan kompetisi online pencak silat keris Indonesia.

“Kompetisi akan dijalankan mulai tanggal 18 April sampai 23 April 2020. Hal tersebut kami laksanakan dengan harapan, agar dapat memfasilitasi para pelestari dan pecinta budaya, khususnya pencak silat keris Indonesia yang tergabung dalam FPPSKI untuk tetap berkarya di tengah pandemi Covid-19,” tutur Riyandi.

Sementara Ketua Umum FPPSKI, Anwar Al-Batawi menyebutkan, dia bersama tim FPPSKI juga terus berupaya agar kegiatan dapat terlaksana dan berjalan sesuai harapan.

“Saya dan tim FPPSKI akan terus berupaya konsen dengan kegiatan-kegiatan pelestarian budaya pencak silat keris Indonesia. Walaupun belum bisa leluasa karena adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar yang diberlakukan selama Pandemi Covid-19, kami laksanakan kompetisi online ini, semata-mata agar para pelestari dan pecinta budaya, khususnya pelestari dan pecinta pencak silat keris Indonesia yang tergabung dalam FPPSKI dapat terus mengasah potensi mereka masing-masing,” tegas Anwar.

Ia juga menyebutkan akan memberikan penghargaan bagi para pemenang kompetisi, yaitu berupa Cinderamata Keris Kamardhikan dan sejumlah uang pembinaan untuk 3  pemenang terbaik.

“Diadakannya kompetisi ini, semoga adik-adik kita para generasi bangsa yang sampai saat ini masih terus peduli untuk melestarikan budaya bangsa, dapat terus menjaga semangatnya dalam berkarya,” pungkas Anwar.

Para peserta kompetisi dapat mengirimkan rekaman video berdurasi 1 menit ke https://instagram.com/indonesiakerisstyle, dan memfollow IG FPPSKI. Atau bisa pula mengirim melalui email Indonesiakerisstyle@gmail.com, WA +62 878-8010-7700.  Sertakan video dengan data diri, alamat, no telepon, dan email.

 

Pewarta: Budi

Editor: Ari

Redaksi

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *