Gunakan Bahan Rempah Ini untuk Daya Tahan Tubuh Anda

 Gunakan Bahan Rempah Ini untuk Daya Tahan Tubuh Anda

Ist

Telescopemagz.com –  Di tengah kepanikan sebagian masyarakat atas merebaknya virus corona Covid-19, jahe dan kunyit serta temulawak dipercaya mampu mencegah Covid-19. Benarkah demikian? Tentu kita semua butuh jawaban ilmiah.

Nah, ternyata seperti yang diungkapkan oleh  Guru Besar Biologi Molekuler Universitas Airlangga Prof. Dr. drh. Chaerul Anwar Nidom, semua bahan tersebut belum terbukti secara ilmiah, namun mampu memberikan daya tahan tubuh lebih baik.  Pasalnya di bahan jahe, kunyit dan temulawak dapat menghambat sitokin di paru-paru karena adanya kandungan curcumin.

“Virus corona itu ada dua macam, yang low pathogenic dan high pathogenic. Bisa menghambat badai sitokin di paru-paru dari bahan-bahan curcumin, lantas ada dari jahe, kunyit, temulawak. Bumbu-bumbu tersebut lazim dipakai untuk bumbu masak atau minuman segar,” papar Chaerul.

Meski begitu, ketiga bahan yang sering digunakan sebagai bahan masakan tersebut belum secara klinis terbukti bisa menangkal virus corona. Namun jahe, kunyit dan temulawak terbukti berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Hal tersebut seperti yang dikatakan oleh pakar Epidemiologi Universitas Indonesia Syahrizal Syarif bahwa jahe, kunyit dan temulawak baik untuk imunitas tubuh. “Manfaatnya meningkatkan daya tahan dan kebugaran tubuh,” ucap Syarizal, seperti dikutip Liputan6, kemarin.

Namun Syarizal tidak membenarkan bahwa ketiga bahan tersebut bisa mencegah masuknya virus khususnya virus corona. “Jangan punya pandangan bahwa rempah-rempah bisa mencegah masuknya virus, khususnya virus corona. Enggak ada bukti,” ucap Syarizal.

Secara umum, ketiga jenis rimpang ini biasa dimanfaatkan untuk bahan penyedap masakan atau minuman hangat penambah stamina tubuh.

Jahe mampu meningkatkan daya tahan tubuh, meredakan sakit akibat peradangan dan mengatasi asam lambung berkat senyawa Gingerol yang dikandung oleh jahe.

Sementara kunyit  mengandung bahan aktif curcumin yang bersifat antioksidan dan antiinflamasi yang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan sel terhadap infeksi, peradangan dan mencegah penyakit degeneratif.

Manfaat Temulawak dikenal dapat digunakan sebagai bahan obat herbal yang berkhasiat untuk mengobati berbagai jenis penyakit seperti masuk angin, mencegah kanker hingga meningkatkan kekebalan tubuh secara alami.(Ar)

 

info@telescopemagz.com

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *