Puskesmas Srengseng Sawah Terima Bantuan APD dari KPPI

 Puskesmas Srengseng Sawah Terima Bantuan APD dari KPPI

Foto : Ist

Telescopemagz.com — Guna membantu para tenaga medis dalam menangani pasien Covid-19, Kaukus Pemuda Parlemen Indonesia (KPPI) berinisiatif menyalurkan bantuan berupa suplai kebutuhan medis seperti APD, kacamata goggle, dan antiseptik ke beberapa puskesmas yang berada di DKI Jakarta.

Salah satu dari sekian banyak yang menerima bantuan ialah Puskesmas Srengseng Sawah. Kepala Puskesmas Srengseng Sawah, Jakarta Selatan, Indah Lestari mengaku bersyukur mendapatkan bantuan dari KPPI.

Menurutnya, hal itu lantaran sampai saat ini pihaknya masih sangat kekurangan persediaan alat- alat medis tersebut. Bahkan tidak hanya satu atau dua kali, para tenaga medis merogoh kocek sendiri untuk membeli alat-alat tersebut.

“Terima kasih banyak atas bantuannya. Benar-benar sangat berarti buat kami, karena di tengah situasi seperti ini kami sangat membutuhkan, tetapi persediaannya sangat sedikit sehingga tak jarang kami keluar modal sendiri untuk APD. Semoga Tuhan membalas semua kebaikan rekan-rekan yang turut berkontribusi dalam memberikan donasi,” ucap Kepala Puskesmas Srengseng Sawah drg Indah Lestari dalam keterangan, Selasa, (14/4/2020).

KPPI merupakan himpunan anggota DPR RI periode 2019–2024 yang berusia maksimal 40 tahun dari berbagai fraksi, yaitu PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Gerindra, PKB, Partai Nasdem, Partai Demokrat, PAN, dan PPP.

Insiasi pembentukan KPPI adalah untuk difungsikan sebagai wadah perkumpulan dan bertukar pikiran para parlemen muda. Selain melakukan pengawasan penanganan Covid-29 oleh mitra pemerintahan di komisi masing- masing,

Anggota DPR RI yang berhimpun di KPPI juga terjun langsung menunjukkan komitmen dan kepeduliannya untuk kemanusiaan, melalui bantuan alat kesehatan, maupun sembako untuk daerah pemilihan masing-masing.

Pada penyaluran bantuan kali ini, DKI Jakarta menjadi titik bantuan prioritas KPPI mengingat DKI Jakarta saat ini menjadi provinsi dengan jumlah pasien Covid-19 terbanyak, yakni 2.349 kasus positif.

KPPI juga mengutamakan distribusi bantuan untuk puskesmas, karena puskesmas menjadi tujuan pertama masyarakat untuk berkonsultasi dokter, apabila mereka alami gejala-gejala terinfeksi Covid-19 seperti batuk, demam tinggi, dan sesak nafas.

Namun, sampai saat ini, puskesmas masih belum memiliki stok alat medis yang cukup untuk melindungi diri mereka selama menangani pasien.

Perincian bantuan yang diberikan adalah 60 liter handsanitizer dan 493 set APD yang berisi pakaian hazmat dilengkapi dengan kacamata goggle. Bantuan ini disalurkan ke beberapa titik, yaitu Puskesmas Pinang Ranti Jakarta Timur, Puskesmas Cibubur Jakarta Timur, Puskesmas Cempaka Putih Jakarta Pusat, Puskesmas Tanah Abang Jakarta Pusat.

Tidak hanya itu ada juga puskesmas Cilandak Jakarta Selatan, Puskesmas Srengseng Sawah Jakarta Selatan, Puskesmas Tanjung Priuk Jakarta Utara, dan Puskesmas Kalideres Jakarta Barat.

 

Pewarta : Husnie

Editor : Ari

Redaksi

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *