Jasamarga Regional Metropolitan Tollroad Gelar Simulasi Penanganan Covid-19

 Jasamarga Regional Metropolitan Tollroad Gelar Simulasi Penanganan Covid-19

JMTO mengadakan simulasi penanganan Covid-19. (Foto:realita)

Telescopemagz.com — Dalam rangka antisipasi penyebaran wabah virus corona atau Covid-19 di lingkungan jalan tol, serta guna memberikan kenyamanan kepada pengguna jalan, Jasamarga Metropolitan Tollroad bersama PT Jasamarga Tollroad Operator (JMTO) sebagai operator jalan tol, dan pihak Kepolisian, melakukan kegiatan simulasi penanganan terhadap pengguna jalan tol yang diduga terpapar Covid-19.

Kegiatan simulasi sendiri telah dilaksanakan di dua lokasi Regional Jasamarga Metropolitan Tollroad, yaitu di Ruas Jalan Tol JORR Non S tepatnya Km 54 +100 pada Rabu, 8 April 2020, dan Ruas Jalan Tol Dalam Kota tepatnya di Gerbang Tol Cililitan pada Kamis (9/4/2020).

Area Manager Tol Dalam Kota dan Sedyatmo PT JMTO, Agus Pramono mengatakan, simulasi ini diharapkan dapat menjadi latihan penanganan bagi petugas jika terdapat pemakai jalan tol yang diduga terpapar Covid-19.

“Untuk itu guna mendukung pelaksanaan simulasi ini, para peserta telah dilengkapi dengan pengetahuan tentang pedoman penanganan, kesiapan sarana dan Alat Pelindung Diri (APD), seperti masker, sarung tangan, helm dan sepatu khusus, serta alat penyemprotan cairan disinfektan,” kata Agus kepada para wartawan dalam persiapan simulasi, Sabtu (11/4/2020).

Agus berharap, petugas tidak hanya mendapatkan pengetahuan dari membaca aturan-aturan penanganan, namun bisa langsung mempraktikkan langkah-langkah serta penggunaan APD.

“Sehingga mereka sudah paham ketika berhadapan pada situasi yang sebenarnya,” ujarnya.

Agus juga menambahkan, simulasi ini merupakan cara petugas berlatih jika menemui keadaan tersebut.

“Pada penanganan pasien terduga Covid-19, selain keselamatan dan keamanan pengguna jalan, keselamatan petugas juga merupakan hal yang paling penting, jangan sampai kita justru malah membuat rantai penularan baru,” tegasnya.

Kesigapan petugas dan pemenuhan kelengkapan APD, kata Agus, merupakan hal mendasar yang perlu dipersiapkan di tengah wabah Covid-19 yang saat ini sedang dihadapi.

“Dalam simulasi ini melibatkan petugas Mobile Customer Service dan Petugas Medis, serta Petugas Patroli Jalan Raya (PJR),” ungkapnya.

Agus mengatakan, simulasi akan diawali dengan briefing petugas, penyampaian skenario simulasi, pelaksanaan tugas, penyelamatan pasien terduga Covid-19 ke RS rujukan, hingga berakhir pada aktivitas penyemprotan desinfektan untuk semua petugas dan kendaraan operasional terlibat.

“Hal ini dilakukan guna memastikan petugas dan kendaraan dalam keadaan steril dari Covid-19, sehingga dapat mengantisipasi penularan kepada petugas lainnya,” jelasnya.

Lebih lanjut, Agus mengimbau, pengguna jalan untuk tetap berhati-hati dan mentaati imbauan pencegahan Covid-19 jika kondisi memaksa untuk keluar rumah.

“Serta jangan lupa untuk selalu memonitor pembaruan informasi lalu lintas di seputar tol milik Jasa Marga melalui Call Center 24 Jam Jasa Marga di nomor 14080,” tutupnya.

 

Pewarta  : Husnie

Editor : Ari

Redaksi

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *