Gunakan Secara Bijak Produk Rumah Tangga untuk Disenfektan Covid-19

 Gunakan Secara Bijak Produk Rumah Tangga untuk Disenfektan Covid-19

Berbagai produk rumah tangga bisa digunakan untuk disenfektan pencegah Covid-19. (Foto : timesmalang)

Telescopemagz.com – Disinfektan menjadi salah satu kunci dalam pencegahan penyebaran virus corona penyebab COVID-19. Namun informasi yang kurang tepat mengenai antisipasi Covid-19, seringkali menimbulkan kepanikan yang tidak perlu, begitu pula adanya kesalahan dalam penggunaannya.

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) merilis daftar sementara bahan aktif dan produk rumah tangga yang bisa digunakan untuk disinfeksi Covid-19. LIPI juga menghimbau masyarakat agar membeli sesuai kebutuhan, dan memprioritaskan ketersedian bahan serta produk tersebut, untuk kepentingan penanganan medis Covid-19  yang lebih mendesak.

Menurut Kepala Loka Penelitian Teknologi Bersih LIPI, Ajeng Arum Sari, di Bandung, Jawa Barat, pada Senin (23/3/2020), Covid-19 merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2). Virus ini jenis baru dan Covid-19 merupakan virus yang memiliki selubung atau sampul (enveloped virus) dengan pelindung lapisan lemak.

“Disinfektan dapat merusak lapisan lemak tersebut, sehingga membuat virus corona cukup lemah dibandingkan dengan norovirus yang merupakan virus tanpa selubung, dan virus lainnya yang memiliki cangkang protein yang lebih kuat,” ujar Ajeng.

Produk rumah tangga

Ditambahkan peneliti LIPI lainnya, Chandra Risdian, banyak produk rumah tangga umum mengandung konsentrasi bahan aktif yang sesuai untuk disinfeksi. Bahan aktif dan konsentrasi efektifnya yang tercantum dalam daftar bahan aktif, telah terbukti efektif melawan virus corona berdasarkan studi literatur yang dilakukannya.

“Selain penggunaan agen pembersih, perawatan lain yang efektif terhadap virus corona adalah dengan metode pemberian uap dan perlakuan panas,” terang Chandra.

Berdasarkan informasi yang diterima dari The Robert Koch Institute (RKI), Jerman, Chandra menuturkan, bahwa jika produk disinfektan yang aktif terhadap virus corona tidak tersedia, produk disinfektan lain yang setidaknya memiliki aktivitas virucidal terhadap virus berselimut juga dapat digunakan.

Untuk pembersihan pencegahan umum, Chandra menyarankan menggunakan air dan sabun atau deterjen lainnya.  “Pembersihan dilakukan terhadap ruangan dan permukaan benda di dalam rumah,” ujarnya.

Permukaan yang harus sering dibersihkan di antaranya adalah meja, gagang pintu, sakelar lampu, telepon, toilet, keran, dan wastafel.

“Setelah bersih, lalu gunakan disinfektan untuk perlindungan yang lebih baik. Jika ada yang sakit di rumah, maka disinfeksi wajib dilakukan,” terangnya.

Chandra menjelaskan hal-hal penting yang perlu diperhatikan saat menggunakan disinfektan. “Periksa label dan gunakan sesuai dengan instruksi. Waspadai potensi bahaya dari setiap produk“ ujarnya.

Dia juga menekankan agar menghindari kontak dengan mata dan kulit saat menangani produk pembersih dan menjauhkan dari jangkauan anak-anak. Selain itu, jangan mencampur produk pembersih yang berbeda dan gunakan di tempat yang berventilasi baik.

“Untuk disinfeksi daerah yang sangat terkontaminasi, sebaiknya permukaan tersebut didisinfeksi menggunakan kain yang telah dibasahi terlebih dahulu dengan larutan disinfektan. Jangan menyemprot langsung ke permukaan yang sangat terkontaminasi karena akan membuat virus menyebar ke udara,” tegas Chandra.

Daftar berikut merupakan daftar sementara produk disinfektan rumah tangga atau produk pembersih untuk disinfeksi virus corona, yang telah disurvei secara terbatas berikut cara pengencerannya.

 

Pewarta  : Dodi

Editor : Ari

info@telescopemagz.com

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *