Bulan Bakal Bersinar Pink Malam Ini, Fenomena Supermoon Perigee

 Bulan Bakal Bersinar Pink Malam Ini, Fenomena Supermoon Perigee

Rabu (8/4/2020) malam bulan bakal terlihat terang berwarna pink dan lebih besar. (Foto : Ist)

Telescopemagz.com – Fenomena alam Supermoon Perigee atau yang biasa disebut sebagai Pink Supermoon, akan terjadi sepanjang malam pada esok hari, Rabu (8/4/2020). Fenomena langka ini dapat disaksikan di seluruh dunia termasuk Indonesia.

Informasi tersebut pertama kali diunggah oleh tim Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN), melalui akun Instagram resmi @pussainsa_lapan seminggu yang lalu.

“Di sini (Indonesia) bisa menyaksikan selama cuaca mendukung (tidak hujan, tidak berawan), bisa dinikmati dari rumah, tidak harus pergi keluar,” kata Dr Emanuel Sungging Mumpuni, Kabid Diseminasi Pusat Sains Antariksa LAPAN, Selasa (7/4/2020).

Dalam bahasa astronomi, fenomena ini disebut sebagai Purnama Perigee. Penggunaan nama Pink Supermoon tercipta, karena adanya penamaan dari budaya barat tepatnya dari budaya Amerika Serikat.

Hal itu, kata Emanuel karena fenomena bulan purnama tersebut terjadi saat musim semi, di mana bunga di beberapa negara bagian Amerika dan Eropa sedang bermekaran, oleh karena itu diberikan nama Pink Supermoon.

“Kalau penamaan ini (Pink Supermoon) bukan ilmiah astronomi, tapi didasarkan budaya yang berkembang di negara barat, secara astronomi cukup disebut Purnama Perigee,” pungkas Emanuel.

Fenomena Supermoon yang terjadi besok malam tersebut, merupakan fenomena ketiga dari empat Supermoon di tahun 2020. Bulan akan berada pada posisi terdekatnya dari bumi, dan mungkin terlihat sedikit lebih besar dan lebih terang dari biasanya.

Pewarta : Edi

Editor : Ari

Redaksi

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *