Alumni Universitas Airlangga Surabaya Pelopori #GerakanHandSanitizer

 Alumni Universitas Airlangga Surabaya Pelopori #GerakanHandSanitizer

Alumni Universitas Airlangga, Surabaya, bagikan ribuan handsanitizer. (Foto : Ist)

Telescopemagz.com – Peduli dengan wabah pandemic Covid-19 yang kini melanda Tanah Air, dilakukan aksi #GerakanHandSanitizer. Aksi ini dari #GerakanHandSanitizer Jakarta ini adalah wujud gotong royong semua elemen masyarakat.

Turut berpartisipasi dalam aksi ini berbagai ormas, LSM, komunitas untuk menghimpun penggalangan dana, memproduksi pembersih tangan, hingga mendistribusikannya.

“Gerakan ini tidak berjalan sendiri, gerakan ini adalah wujud gotong royong semua elemen masyarakat. Dalam menggalang dana, memproduksi hingga mendistribusikan handsanitizer, kami bekerja bareng dengan berbagai ormas, LSM, komunitas apapun, yang peduli dan mau bergotong royong bersama kami,” terang Humas #GerakanHandSanitizer Jakarta, Fryda Lucyana, beberapa waktu lalu.

Aksi sosial ini pun tercetus dari aksi sebelumnya dimana Jatim for Indonesia (JFI) memulai pembagian pembersih tangan dan sosialisasi tentang pencegahan Covid-19 di Surabaya dan Malang. Selain itu karena adanya kelangkaan barang.

Berikutnya aksi dilakukan pula oleh Jaringan Arek Ksatria Airlangga (JaKA)  di Surabaya dan sekitarnya. Pembersih tangan yang diproduksi dan dihimpun dari Surabaya mulai terkirim, dan sebagian sudah datang di Provinsi DKI, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Bali, serta termasuk Jawa Timur Sendiri.

Jaringan alumni Airlangga

Gerakan yang dipelopori oleh Jaringan Arek Ksatria Airlangga (Jaringan yang dibentuk para Alumni berbagai Fakultas dari Universitas Airlangga Surabaya), serta Jatim for Indonesia (JFI), merupakan aliansi Lintas Generasi, Lintas Etnis dan Lintas Agama dan Yayasan Alit ini.

Sebelumnya jaringan ini juga telah bekerjasama dengan SKK Migas dan beberapa Perusahaan Hulu Minyak dan Gas Bumi antara lain ConocoPhillips Indonesia, ENI Indonesia, Kangean Energy, BOB Bumi Siak Pusako – PHE dalam pembagian handsanitizer,  sumbangan berbagai perusahaa.

Menurut Didik Sasono Setyadi, inisiator gerakan yang juga Ketua Alumni Fakultas Hukum Universitas Airlangga Surabaya se Jabodetabek, “Kami mendapatkan informasi dari rekan-rekan, bahwa Posko kami di Jakarta kemarin menerima kiriman lebih dari 1000 botol handsanitizer dari Surabaya, dan dalam waktu dekat akan ada kiriman lagi sebanyak kurang lebih 2000 botol.”

Bagi masyarakat kecil yang memiliki kemampuan ekonomi terbatas, sangat rentan terhadap penularan Covid-19, namun karena terdesak untuk  memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dan  tidak bisa bekerja di rumah, mereka butuh pembersih tangan dan alat pelindung diri lainnya seperti masker.

Contoh saja, pengemudi ojol, sopir angkutan umum, bus kota maupun AKAP, pemilik atau  penjaga warung makanan di terminal, kaki lima, pedagang, kurir, petugas non medis di RS dan keluarganya, termasuk juga para wartawan.

Hingga hari ini sudah cukup banyak kalangan masyarakat kecil, yang menerima pembagian pembersih tangan, mulai dari ukuran 50 ml, 60 ml serta dalam kemasan jerigen 5 liter.

 

Pewarta : Edi

Editor : Ari

info@telescopemagz.com

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *