Dibantu Dosen dan Staf, Universitas Pertamina Produksi Handsanitizer

 Dibantu Dosen dan Staf, Universitas Pertamina Produksi Handsanitizer

Dosen dan staf Universitas Pertamina ikut bantu masyarakat dengan produksi handsanitizer. (Foto:Univ Pertamina)

Telescopemagz.com – Seiring bertambahnya jumlah pasien positif Covid-19 di Indonesia, masyarakat pun berburu berbagai produk yang dianggap dapat digunakan untuk mencegah penularan virus, seperti masker, sabun, multi vitamin dan produk penyanitasi tangan atau handsanitizer.

Akibatnya, terjadi kelangkaan untuk produk-produk tersebut. Jika tersedia di pasaran, harganya pun melambung. Harga  handsanitizer misalnya, di berbagai toko harganya naik hingga 400% dari harga awal.

Prihatin dengan kondisi tersebut, Universitas Pertamina ikut berkontribusi membantu masyarakat, dengan cara memproduksi sendiri berbagai produk kebersihan.

Menurut Kepala Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Inovasi (LPPMI) Universitas Pertamina, Wahyu Agung Pramudito PhD,  produksi handsanitizer ini hasil buatan  para dosen dan staf.

“Di tengah kelangkaan produk handsanitizer ini masyarakat,  khususnya di sekitar wilayah kampus akan terbantu, karena kami dari Universitas Pertamina memproduksi sendiri. Harapan kami tentu masyarakat bisa terbantu dan memutus rantai penyebaran Covid-19,” ucap Wahyu dalam keterangan pers di Jakarta, Senin (6/4/2020).

Universitas Pertamina telah memproduksi handsanitizer di laboratorium Kimia Terintegrasi, Program Studi Kimia sejak 16 Maret 2020. Produk handsanitizer tersebut terdiri dari campuran bahan-bahan antiseptik berupa alkohol 96%, H2O2, gliserol dan aqua dm steril, serta campuran pewangi yang aman bagi kulit.

Bahan-bahan tersebut dapat membunuh beragam bakteri dan virus, dengan cara melumpuhkan jaringan protein yang ada di dalam bakteri dan virus, atau merangsang proses denaturasi yang membuat bakteri dan virus terurai.

Selain digunakan di area kampus, pada tanggal 2 April 2020, Universitas Pertamina juga telah menyalurkan 21 liter handsanitizer kepada masyarakat di sekitar lingkungan kampus. Penyaluran tersebut dilakukan di dua titik utama, yakni di RT 09 RW 12 dan RT 03 RW 12, Kelurahan Grogol Selatan, Kecamatan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Penyaluran handsanitizer dilakukan sebagai bentuk kontribusi Universitas Pertamina terhadap pencegahan penyebaran Covid-19, dan sekaligus upaya memutus rantai penyebaran Covid-19,” tandas Wahyu.

Pewarta : Edi

Editor : Ari

Redaksi

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *