Presiden Jokowi : Beraktivitas di Luar Rumah Wajib Pakai Masker

 Presiden Jokowi : Beraktivitas di Luar Rumah Wajib Pakai Masker

Presiden Jokowi (Foto: Biro Pers Kepresidenan)

Telescopemagz.com – -Presiden Jokowi mengingatkan masyarakat untuk memakai masker jika keluar rumah. Jika sebelumnya pemakaian masker hanya untuk orang sakit, namun kini setiap warga yang mau beraktivitas di luar rumah wajib memakai masker.

Hal ini mengingat pandemi Covid-19 makin meluas dan sesuai rekomendasi dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), agar seluruh masyarakat menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

“Di awal WHO menyampaikan bahwa yang pakai masker hanya yang sakit. Tapi sekarang semua yang keluar rumah harus pakai masker,” jelas Jokowi dalam rapat terbatas melalui telekonferensi dari Istana Merdeka, Jakarta, Senin, (6/4/2020).

Presiden meminta agar masyarakat mematuhi himbauan tersebut. Ia pun menginstruksikan jajarannya untuk memastikan ketersediaan masker yang dapat digunakan oleh masyarakat.

“Saya meminta agar penyiapan masker sekarang ini betul-betul disiapkan dan diberikan kepada masyarakat, karena kita ingin setiap warga yang harus keluar rumah itu wajib memakai masker,” tegas  Jokowi.

Masker kain

Sebelumnya, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19,  Achmad Yurianto mengatakan, seluruh masyarakat harus menggunakan masker ketika terpaksa harus beraktivitas di luar rumah, sebagaimana rekomendasi dari WHO.

“Mulai hari ini, sesuai dengan rekomendasi dari WHO, kita jalankan #MaskerUntukSemua. Semua harus memakai masker ketika berkegiatan di luar,” kata Yuri dalam jumpa pers Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Jakarta, Minggu (5/4/2020).

Masyarakat disarankan lebih bijak dan menggunakan masker kain yang dapat dicuci dan digunakan berkali-kali, sebab masker bedah dan N-95 yang sekali pakai hanya ditujukan untuk petugas medis.

“Gunakan masker kain karena kita tidak pernah tahu, orang tanpa gejala pun bisa menjadi sumber penyebaran penyakit, ketika kita di luar rumah,” papar Yuri.

Masker dari kain dapat dicuci menggunakan air sabun agar tetap bersih dan efektif mencegah penyebaran virus Covid-19. Untuk penggunaan tidak lebih dari empat jam.

“Masker kain bisa dicuci. Masker kain digunakan tidak lebih dari empat jam. Rendam masker kain yang telah dipakai di air sabun, lalu dicuci,” kata dia.

 

Pewarta: Budi

Editor: Ari

Redaksi

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *