Kondisi Wuhan Membaik, Indonesia Bakal Kirim Lagi Jangkos ke China

 Kondisi Wuhan Membaik, Indonesia Bakal Kirim Lagi Jangkos ke China

Jangkos (Foto : Ist)

Telescopemagz.com —  Lockdown di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, resmi dicabut oleh pemerintah Cina pada hari Rabu (8/4/2020). Hal ini disambut gembira oleh masyarakat Wuhan yang telah mengalami masa karantina selama 76 hari.

Kabar pencabutan lockdown di Cina disambut gembira tidak hanya oleh warganya di sana, tapi pelaku agribisnis sektor pertanian juga menyambut baik kondisi ini. Karena Cina merupakan salah satu pasar besar bagi produk pertanian.

“Alhamdulilah, dengan kondisi yang mulai membaik permintaan ekspor ke Cina yang sempat terpukul,  kini permohonan pemeriksaan karantina mulai kembali,” kata Ali Jamil, Kepala Badan Karantina Pertanian Sabtu (11/4/2020) di Jakarta.

Saat ini, pihaknya mencatat terdapat permohonan pemeriksaan di Karantina Pertanian Belawan untuk produk samping kelapa sawit berupa janjang kosong, jangkos atau palm fiber ke Cina.

“Jangkos asal Sumut ini dikenal berkualitas tinggi, dan merupakan bagian limbah dari hasil pengolahan tandan buah segar (TBS) sawit.  Di negara tujuan ekspor, biasanya jangkos ini digunakan sebagai bahan baku tali kapal, pengisi matras dan jok mobil hingga pesawat terbang,” jelasnya.

Dari data karantina pertanian, di tahun 2019 jangkos asal Sumut berhasil membukukan lebih dari 7,5 ribu ton dengan nilai ekonomi mencapai Rp 9,5 milar lebih.

Pada awal April ini, sebanyak 681 ton dengan kisaran nilai Rp 933 juta dinyatakan telah sesuai dengan persyaratan otoritas karantina Cina, dan siap diberangkatkan ke pelabuhan Xingang, Huangpu dan Shanghai.

 

Pewarta: Budi

Editor: Ari

Redaksi

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *