Draft RUU Ibukota Negara Segera Diajukan ke DPR

 Draft RUU Ibukota Negara Segera Diajukan ke DPR

Telescopemagz.com – Kementerian PPN/Bappenas telah rampung membahas draft Rancangan Undang-Undang (RUU) Ibukota Negara (IKN) dan draft Perpres Badan Otorita Ibukota. Kedua draft RUU itu sebagai landasan hukum terkait pemindahan ibukota negara ke Kalimantan.

Menteri  PPN/Bappenas Suharso Monoarfa memimpin rapat finalisasi Draft RUU Ibukota Negara (IKN) dan draft Perpres Badan Otorita Ibukota bersama Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil, Staf Khusus Presiden Arief Budimanta, serta beberapa perwakilan antara lain dari Kementerian Sekretariat Negara (Setneg), Sekretariat Kabinet (Seskab), dan Kementerian Keuangan di Kantor Kementerian PPN/Bappenas, Jakarta, pada hari Jumat (6/3/2020).

“Jika naskah akademik serta draft RUU IKN rampung, maka akan segera diserahkan ke DPR untuk dibahas lebih lanjut. Selain itu, penyusunan RUU ini dilakukan bersamaan dengan penyusunan masterplan IKN,” kata Monoarfa.

Diharapkan pada akhirnya, lanjut Monoarfa, produk UU IKN ini bisa mendukung langkah Pemerintah Indonesia dalam rangka pelaksanaan persiapan, pembangunan dan pemindahan IKN ke Kalimantan.

“Dalam penyusunan RUU ini juga, sejumlah Kementerian atau Lembaga juga memberikan masukan serta saran agar RUU ini semakin baik,” pungkas Monoarfa.

 

Pewarta : Budi

Editor : Ari

Redaksi

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *