Kembangkan Potensi Masyarakat Talang Bubuk Palembang, Pertamina Adakan FGD

 Kembangkan Potensi Masyarakat Talang Bubuk Palembang, Pertamina Adakan FGD

Foto : Ist

Telescopemagz.com – Pertamina RU III Plaju menggelar Focus Group Discussion (FGD) bersama dengan stakeholder dan tokoh masyarakat Kelurahan Talang Bubuk, Palembang, Selasa (17/3/202). FGD dilakukan dalam rangka mengakomodir kebutuhan masyarakat serta  mewujudkan tercapainya efektivitas pelaksanaan program Corporate Social Responsibility (CSR).

Masyarakat antusias  mengikuti kegiatan FGD  di Lorong Mari, Kelurahan Talang Bubuk. Hadir pada kegiatan ini,  Lurah Talang Bubuk Susanto Umar, Manager HSSE Pertamina RU III Plaju Seno Haryono, Ketua RT di Kelurahan Talang Bubuk serta binaan CSR Pertamina RU III Plaju.

FGD bertujuan sebagai forum diskusi yang membahas penyelenggaraan program CSR sekaligus menampung aspirasi warga demi kemajuan kelompok mitra binaan. Diadakannya kegiatan ini maka perumusan program berdasarkan pada potensi dan masalah yang ada di Kelurahan Talang Bubuk.

Susanto  Umar, Lurah Talang Bubuk mengatakan, “Kelurahan Talang Bubuk memiliki beberapa lorong atau kampung yang bisa dikembangkan untuk menjadi suatu kawasan kampung hijau. Sinergi antara Pertamina RU III Plaju dengan masyarakat  diharapkan dapat terus berlanjut dan berkembang. Sehingga bisa memunculkan ide-ide dan gagasan yang inovatif untuk membangun Kelurahan Talang Bubuk khususnya.”

Sejak tahun 2018 Pertamina RU III Plaju telah memberikan bantuan senilai Rp 90.000.000 yang digunakan untuk perbaikan infrastruktur Lorong Mari, pengembangan UKM Mari Kemplang dan UKM Mari Berkarya serta pembangunan pojok baca.

Pada tahun 2020 akan dilakukan pengembangan program di Kelurahan Talang Bubuk yang sebelumnya sudah dijalankan di Lorong Mari.

 

 

Menurut Susanto, Kelurahan Talang Bubuk memiliki potensi sumber daya manusia yang dapat ditingkatkan. Masyarakat memiliki keahlian di bidang yang beragam, seperti pemanfaatan barang bekas untuk diolah menjadi perabotan dan pembuatan kemplang sebagai makanan tradisional Palembang.

Sementara itu, Rifky Rakhman Yusuf selaku Region Manager Communication & CSR Sumbagsel menegaskan, “Pertamina menjalin komunikasi dan koordinasi yang lebih erat dengan masyarakat sekitar melalui forum silaturahmi sekaligus dijadikan sebagai wadah diskusi.”

Menurut Rifky semua program kegiatan yang dilakukan  semata-mata untuk kemanfaatan masyarakat dengan saling mengisi antar sektor dan perannya. Pertamina dan masyarakat saling berkaitan dalam bersinergi dan saling support untuk menjalankan kegiatan ini. Harapannya Kehadiran Pertamina bisa dirasakan oleh masyarakat melalui program CSR.

 

Pewarta: Budi

Edito: Ari

info@telescopemagz.com

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *