Dirjen WHO : “Wabah Covid-19 Bisa Dihentikan Sebelum Terjadi Pandemi”

 Dirjen WHO : “Wabah Covid-19 Bisa Dihentikan Sebelum Terjadi Pandemi”

Twitter

Telescopemagz.com – Terlepas dari jumlah kasus dan negara yang mengalami infeksi Covid-19, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan masih mungkin untuk menahan wabah tersebut. Namun dari hampir 9.000 kasus di luar China, lebih dari 80 persen ditemukan hanya di empat negara yaitu Korea Selatan, Italia, Iran dan Jepang.  Hal ini dikatakan Direktur Jenderal WHO, Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus, Selasa (3/3/2020).

Dikutip dari The Straits Times Singapura, Selasa (3/3/2020), empat negara tersebut dikatakan Dr Tedros adalah keprihatinan terbesar WHO  dari negara lain dengan infeksi, 38 memiliki 10 kasus atau lebih sedikit, sementara lebih dari 100 negara tidak memiliki satu kasus.

Menurutnya, sejumlah besar negara telah terpapar virus dan belum melaporkan (kasus baru) dalam dua minggu terakhir.

Penyebaran terbesar di luar Tiongkok adalah di Korea Selatan, dengan lebih dari 5.000 orang terinfeksi atau lebih dari setengah kasus di luar Tiongkok.

Sebagian besar kasus ini berasal dari lima kelompok yang diketahui dan bukan dari masyarakat.

“Itu penting karena itu menunjukkan bahwa langkah-langkah pengawasan bekerja dan epidemi Korea masih dapat ditanggulangi,” ujar Dr Tedros.

Situasi Korea Selatan juga menekankan bahwa ini adalah virus unik dengan fitur unik.

“Kami berada di wilayah yang belum dipetakan. Kami belum pernah melihat patogen pernafasan yang mampu menularkan masyarakat, tetapi juga dapat diatasi dengan langkah-langkah yang tepat,” katanya.

Namun dia optimistis penyebaran Covid-19 dapat dihentikan. “Itu harus tetap menjadi prioritas utama bagi semua negara, dengan  langkah-langkah awal dan agresif, negara-negara dapat menghentikan transmisi dan menyelamatkan nyawa.”

Dr Tedros menyarankan untuk memperhatikan dan mematuhi apa yang dikatakan otoritas kesehatan dan pihak berwenang.

“Jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan ini akan bervariasi tergantung di mana Anda tinggal, berapa usia Anda dan seberapa sehat Anda,” katanya. (Ar)

 

 

info@telescopemagz.com

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *