Dibutuhkan Sinergi Bersama untuk Wujudkan Jepara Kota Sehat

 Dibutuhkan Sinergi Bersama untuk Wujudkan Jepara Kota Sehat

Foto : Ist

Telescopemagz.com – Kolaborasi dari para pimpinan perangkat daerah akan mudah mewujudkan Jepara Kota Sehat. Sebab, untuk menjadi kawasan sehat tidak hanya dilakukan oleh Dinas Kesehatan, melainkan diperlukan dukungan semua instansi. Demikian Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Jepara, Mulyaji menyampaikan dalam rapat program kabupaten/kota sehat di ruang Kerja Bupati Jepara, Rabu (11/3/2020).

“Tidak hanya bidang kesehatan,  perlu kolaborasi semua instansi untuk mewujudkan Jepara kota sehat,” tegas Mulyaji.

Sedangkan Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Jepara Adi Bintoro mengatakan, upaya mewujudkan Jepara Kota Sehat telah diawali dengan penghargaan Swasti Saba Papada (2009) dan Swasti Saba Wiwerda (2011, 2012, 2017) dari Kementerian Kesehatan RI. Untuk tahun ini tengah berupaya meraih Swasti Saba Wistara (pengembangan) dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan verifikasi awal akan dilakukan awal 2021.

“Kita perlu dukungan semua pihak agar Jepara kota sehat ini dapat terwujud,” ungkapnya.

Ditambahkan dia, beberapa syarat harus dipenuhi untuk mewujudkan tatanan kawasan sehat. Di antaranya, kawasan permukiman, sarana dan prasarana umum, kawasan sarana lalu lintas yang tertib dan pelayanan transportasi, kawasan industri dan perkantoran sehat, kawasan pariwisata sehat, ketahanan pangan dan gizi, kehidupan masyarakat sehat yang mandiri serta kehidupan sosial yang sehat.

“Beberapa komponen yang harus ada dalam program kabupaten sehat, yaitu tim pembina teknis, forum kabupaten, forum komunikasi sehat dan kelompok kerja di tingkat desa,” jelas Adi.

Sementara itu menurut Kepala Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Jepara Inah Nuroniah yang juga hadir di rapat itu menyampaikan, pendekatan Jepara Kota Sehat hampir sama dengan Kabupaten Layak Anak yang pernah diraih Kabupaten Jepara beberapa waktu lalu.

Beberapa program yang sudah ada bisa disinergikan seperti halnya memberlakukan kawasan bebas rokok. “Pada intinya kami siap berkolaborasi, ini harus dibangun lebih awal,” katanya.

 

Pewarta: Budi

Editor: Ari

info@telescopemagz.com

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *