“Ngobrol Santai” Bersama Titiek Puspa: Meneladani Semangat Berkarya di Usia 84 Tahun

 “Ngobrol Santai” Bersama Titiek Puspa: Meneladani Semangat Berkarya di Usia 84 Tahun

Bogor, Telescopemagz.com | Museum Tanah dan Pertanian Bogor menjadi saksi kemeriahan acara “Ngobrol Santai bareng Perempuan Hebat dalam Pusaran Museum Indonesia”, sebuah talkshow yang digelar oleh Museum Tanah bekerja sama dengan Forum Wartawan Hiburan Indonesia (FORWAN). Acara ini bukan hanya menjadi sarana edukasi bagi masyarakat, khususnya generasi muda, tetapi juga memperlihatkan peran penting perempuan dalam sejarah Indonesia.

Topik yang diangkat dalam talkshow ini memaparkan pesan-pesan penting tentang identitas, citra, dan peran perempuan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk keluarga, masyarakat, dan negara.

Talk Show Perempuan Hebat dalam Pusaran Museum Indonesia

Setelah sesi talkshow, pengunjung diajak untuk menjelajahi museum yang menampilkan berbagai artefak budaya masa lalu, menunjukkan kontribusi nyata perempuan dalam membangun peradaban di Tanah Air.

Tak hanya itu, acara ini juga melibatkan pertunjukan seni tari yang melibatkan anak-anak berkebutuhan khusus. Pesan yang ingin disampaikan adalah bahwa usia bukanlah batasan untuk terus beraktivitas dan berkarya.

Hal ini terbukti dari kegigihan Titiek Puspa, seorang musisi berusia 84 tahun, yang tetap aktif dalam industri seni Indonesia dengan terus menciptakan lagu-lagu baru.

Titiek Puspa bukan hanya berbagi kisah kebugarannya secara fisik, tetapi juga menekankan pentingnya menjaga kesehatan mental. Menurut psikolog Niniek L. Karim, minat terhadap museum sebaiknya ditanamkan sejak usia dini.

Hal ini dapat dilihat dari kesan yang mendalam yang dimiliki Niniek terhadap museum, yang berasal dari cerita gurunya. Menurut Niniek, pengenalan kepada museum sebaiknya dimulai dari hal-hal sehari-hari, seperti pakaian dan peralatan rumah tangga.

Meskipun minat generasi muda terhadap museum belum begitu besar, Pengelola Museum Tanah dan Pertanian Bogor tetap bersemangat dalam upaya meningkatkan minat masyarakat terhadap museum. Rima Setiani, Kepala Museum Tanah dan Pertanian Bogor, mengungkapkan kegembiraannya atas antusiasme masyarakat yang luar biasa.

Ia menekankan bahwa kegiatan seperti talkshow dan tur museum merupakan bagian dari upaya untuk menginspirasi dan meningkatkan rasa cinta masyarakat terhadap warisan budaya di Museum Tanah dan Pertanian Bogor.

Dr. Ciwuk, salah satu pembicara, juga mengingatkan akan pentingnya mengajarkan kepada anak-anak tentang keindahan dan pentingnya museum sejak usia dini.

Dengan adanya acara seperti ini, diharapkan masyarakat semakin menyadari kekayaan budaya dan sejarah yang ada di Indonesia, serta semakin terinspirasi untuk melestarikannya.

 

Ibnu Hajar

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *