Cegah Covid-19 di Era New Normal, Perhatikan Hal Ini

 Cegah Covid-19 di Era New Normal, Perhatikan Hal Ini

Dr Jusuf Kristianto MHA MPH PhD

Telescopemagz –  Jurnalis termasuk profesi yang sangat rentan terpapar pandemi Covid-19 di era New Normal ini. Untuk itu perlu tindakan antisipasi yang tepat. Salah satu antisipasinya dengan  menggunakan masker dengan tepat.

Hal itu diutarakan Dr. Jusuf Kristianto MHA MPH PhD dalam acara ‘Ngopi Asik, Sambil Ngobrol yang Asik Asik’ bertema Jurnalis di Era New Normal, di Gorlion Food Park, Jalan AM Sangaji, Jakarta Pusat (18/7/2020).

Menurut Dr. Jusuf Kristianto pembicara dari Kemenkes RI Poltekkes Jakarta 1 ini dalam melakukan tugas setiap jurnalis harus memakai masker yang baik dan benar. “Pakai masker jangan turun ke dagu. kalau ingin makan, minum atau aktivitas apapun yang mesti lepas masker, lepas saja seluruhnya,” ujar Alumni UI ini.

Menurut Dosen Poltekkes Kemenkes dan Dosen FKMUI ini, sekalipun dengan rekan kerja, nara sumber, teman dekat, bahkan dengan keluarga sesampai di rumah, sebaiknya setiap jurnalis harus memakai masker dengan baik.

Adatasi Kebiasaan Baru

Ada baiknya juga mengenali VDJ atau ventilasi durasi jarak. “Kalau ventilasi buruk, durasi lama, dan jarak terlalu dekat itu resiko penularannya tertinggi,” terangnya lagi. Kata Health Researcher ini, semakin faktor VDJ dijaga, semakin tingkat penyebaran virus ini rendah.

Setiap jurnalis, lanjutnya juga harus mengetahui tempat-tempat aktivitas beresiko penyebaran Covid-19 serta risiko penularan di ruang terbuka maupun tertutup di era New Normal ini. Risiko tinggi di ruang terbuka antara lain olahraga bersama teman-teman, pertemuan komunitas, dan konser.

“Kalau risiko paling tinggi di ruang tertutup antara lain pertemuan dalam ruangan tertutup dalam waktu yang lama dan di transportasi umum seperti bus, kereta yang ramai, dan atau perjalanan udara jarak jauh,” bebernya.

Dr Jusuf Kristianto MHA MPH PhD dari Kemenkes RI Poltekkes Jakarta 1

Dalam bertugas di era New Normal ini, setiap jurnalis harus mengindahkan protokol kesehatan atau beradaptasi dengan kebiasaan baru. “Dokter yang terbaik adalah diri kita sendiri. Rumah sakit yang terbaik adalah dapur kita, dan obat yang terbaik adalah makanan kita sehari-hari,” pungkas Dr. Jusuf Kristianto.

Selain Dr. Jusuf Kristianto, acara Ngopi Asik yang digagas satunusantaranews.co.id ini juga menghadirkan Dra.Tika Bisono, Adhi Wargono, dan Agung Prasetyo Utomo.

***

Teks: Adji Kurniawan  / Editor: Tedy Matondang  / Foto: satunusantaranews

Redaksi

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *