Hindari Risiko Personel Polri Tertular Covid-19, Polda Metro Jaya Stop Razia

 Hindari Risiko Personel Polri Tertular Covid-19, Polda Metro Jaya Stop Razia

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo.(Foto : Ist)

Telescopemagz.com — Semakin hari semakin banyak jumlah orang yang masuk kategori orang dalam pengawasan(ODP), pasien dalam pengawasan (PDP) dan juga pasien yang sudah positif terinfeksi Covid-19.

Pada orang-orang yang masuk kategori ODP dan PDP ternyata banyak juga yang tidak menunjukkan gejala-gejala sakit, sebagaimana yang sudah diumumkan sebelumnya. Bahkan beberapa orang ditengarai tidak menunjukkan gejala sakit sama sekali. Untuk mencegah terpapar Convid-19 memang hanya upaya menjaga kebersihan dengan cuci tangan, penggunaan handsanitizer, hingga penggunaan masker dan menjaga jarak dengan orang lain yang harus dilakukan.

“Untuk mencegah terjadinya penularan Covid-19 pada anggota lalulintas yang sedang bertugas, Polda Metro Jaya memutuskan untuk menghentikan sementara kegiatan razia kendaraan di jalanan,” ujar Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo kepada media, Minggu (22/3/2020).

Menurut Sambodo, ada nilai lain yang ingin Polri tunjukkan pada masyarakat, yakni rasa empati Polisi pada masyarakat yang kini tengah menghadapi wabah Covid-19. Dalam kondisi ini, polisi tetap memperhatikan sisi-sisi kemanusiaan.

“Karena masyarakat kehidupannya sedang sulit, sehingga sangat tidak berempati kalau polisi ikut nambah-nambahin dengan melaksanakan razia,” katanya.

Di samping itu, lanjutnya, penghentian razia kendaraan bermotor dimaksud untuk meminimalisir kontak fisik anggota dengan masyarakat dan untuk mengurangi risiko tertularnya virus corona.

“Dari sisi operasional, saya sudah perintahkan jajaran saya untuk mengurangi tindakan dengan tilang. Kecuali pelanggaran yang kasatmata yang memang membahayakan lalu lintas, itu tetap harus. Seperti melawan arus, pelanggaran jalur busway, tidak menggunakan helm, dan lainnya tetap kita tindak. Tapi pelanggaran lainnya, seperti razia itu sudah saya suruh berhentikan,” kata Sambodo.

Alasan lain penghentian sementara razia, menurut Sambodo, di samping untuk menghindari risiko personel Polri tertular Covid-19, juga untuk mencegah terjadinya penumpukan ketika berlangsung sidang tilang.

“Untuk mencegah penumpukan di siding pengadilan karena biasanya ada kerumunan,” pungkas Sambodo.

 

Pewarta : Husnie

Editor : Ari

Redaksi

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *