Ingat 4 Tanda Peringatan Jantung yang Mesti Wanita Waspadai!

 Ingat 4 Tanda Peringatan Jantung yang Mesti Wanita Waspadai!

Telescopemagz.com– Jutaan wanita umumnya tak mengetahui jika mereka pun bisa mengalami serangan jantung. Wanita berpikir, pria lebih berisiko terkena serangan jantung mendadak dibanding mereka.  Namun nyatanya, ada lebih dari 800.000 wanita di Inggris yang hidup dengan penyakit jantung koroner yang merupakan penyebab utama serangan jantung.

Mengutip laporan Lucy Jones dari Digital Health & Fitness Reporter di situs The Sun, pada Selasa (25/2/2020), penelitian justru membuktikan bahwa wanita lebih cenderung menunjukkan gejala serangan jantung ‘tipikal’ daripada pria. Penelitian ini merujuk dari adanya 35.000 wanita yang dirawat di rumah sakit,  setelah serangan jantung. Setiap tahun di Inggris rata-rata 98 ​​per hari, atau empat per jam.

Menurut hasil penelitian yang dimuat di Healthline, ada 4 faktor penyebab mengapa wanita mudah mengalami serangan jantung.  Berikut kita simak faktor apa saja yang membuat wanita mudah mengalami serangan jantung?

1.  Kelelahan

Para ahli mengatakan bahwa kelelahan ekstrem dapat menjadi pertanda bahwa ada sesuatu yang salah. Ini jauh lebih mungkin untuk mempengaruhi wanita  sekitar 70 persen yang juga mungkin menurunkan gejala mereka.  Merasa kelelahan tanpa alasan dapat dimulai berbulan-bulan sebelum serangan jantung, itulah sebabnya penting untuk mengunjungi dokter sedini mungkin.

2. Berkeringat

Berkeringat berlebihan lebih dari biasanya, terutama jika Anda belum aktif  bisa menjadi tanda peringatan dini. Memompa darah di sekitar arteri yang tersumbat, membutuhkan lebih banyak upaya dari jantung Anda. Jadi tubuh Anda lebih banyak berkeringat untuk menjaga suhu tubuh tetap rendah.

Wanita sering salah mengira gejala ini sebagai hot flush atau keringat malam lebih khas dari kondisi menopause. Tetapi jika Anda bangun dan seprai lembab atau mengalami keringat dingin dan kulit lembab, ada baiknya segera berkonsultasi dengan dokter Anda.

3. Nafas pendek

Jantung memompa darah sehingga dapat bersirkulasi ke jaringan Anda dan mendapatkan oksigen ke paru-paru Anda. Jika jantung Anda tidak dapat memompa darah secara efektif, seperti halnya serangan jantung maka hal itu dapat menyebabkan sesak nafas.

Gejala ini didiagnosis pada 40 persen kasus dan merupakan indikasi kuat karena tidak dapat menarik nafas dalam-dalam. Ini bisa menjadi gejala yang menyertai kelelahan yang tidak biasa pada wanita, tetapi dapat terjadi pada kedua jenis kelamin hingga enam bulan sebelum serangan jantung.

4. Nyeri dada

Nyeri dada adalah salah satu tanda awal paling umum dari serangan jantung. Orang-orang menggambarkannya seperti “gajah” yang berdiri di dada sehingga merasa nyeri hebat. Pada pasien lainnya nyeri dada digambarkan layaknya dada yang ditekan keras. Gejala ini muncul hanya beberapa menit, kemudian hilang dan bisa kembali lagi pada jam-jam berikutnya, atau muncul keesokan harinya. Nyeri dada cenderung  hanya mempengaruhi sekitar 30 persen pada wanita.  Itulah sebabnya penting untuk mengetahui tanda-tanda lainnya.(Ar)

 

info@telescopemagz.com

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *