Empat Deputi Di Lingkungan Otorita IKN Dikukuhkan

 Empat Deputi Di Lingkungan Otorita IKN Dikukuhkan

JAKARTA, Telescopemagz | Setelah melalui tahapan penelitian dan rekruitmen, sebanyak empat Deputi di lingkungan Otorita IKN dikukuhkan oleh Ketua Otorita IKN, Bambang  Susantono melalui pansel selaku sekretaris Otorita IKN, Achmad Jaka Santos Adiwijaya.

Berdasarkan surat ketetapan nomor 124/TPA/ IKN/XII/2022 tertanggal 19 Desember 2022 tersebut empat posisi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Madya di Lingkungan Otorita IKN.

Deputi Bidang Pengendalian Pembangunan Otorita IKN; Prof. Mohammed Ali Berawi, M.Eng.Sc., Ph.D sebagai Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital Otorita IKN; Dr. Myrna Asnawati Safitri, S.H., M.A., sebagai Deputi Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam dan Deputi Bidang Sosial, Budaya dan Pemberdayaan Masyarakat, Dr Tukiran, M.MP.d.i

Sementara itu sebanyak 120 orang calon 4 Kepala Biro dan 21 Direktur dilingkungan Otorita IKN memasuki tahap uji kompetensi yang akan digelar pada, Rabu (21/12/2022) secara daring melalui zoom meeting.

Seperti diketahui bahwa sebelumnya Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe telah dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), sebagai Kepala dan Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN)

Kedua pejabat utama tersebut merujuk pada pasal 1 ayat 10 UU Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara, Kepala Otorita IKN memiliki kedudukan yang setingkat dengan menteri yang akan ditunjuk, diangkat, dan diberhentikan oleh Presiden setelah melakukan konsultasi dan berunding dengan DPR.

Sama halnya dengan masa jabatan pemimpin wilayah administrasi yang lain, Kepala Otorita IKN dan Wakilnya memegang masa jabatan selama lima tahun. Masa jabatan itu terhitung sejak pertama kali dilantik oleh Presiden. Namun, keduanya bisa ditunjuk kembali dalam lama waktu masa jabatan yang sama dan bisa diberhentikan sewaktu-waktu oleh Presiden sebelum masa jabatan berakhir. (PR/Fjr)

Fajar Irawan

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *