Agung Wahono : Ekonomi Indonesia Tahan Banting di Era Joko Widodo Adalah Prestasi

 Agung Wahono : Ekonomi Indonesia Tahan Banting di Era Joko Widodo Adalah Prestasi

JAKARTA, Telescopemagz| Optimisme kondisi perekonomian yang diharapkan Pemerintah di tahun 2023 ini akan lebih tinggi dari capaian pertumbuhan pada tahun 2022, patut diapresiasi.

Pasalnya,saat negara negara lain terimbas pasca Covid-19 kondisi ekonomi terpuruk bahkan mengalami resesi, justru kondisi ekonomi Indonesia bias dikatakan tetap stabil di era Pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Demikian disambut Agung Wahono,SH MH , kandidat Kasatpres RI dalam keterangannya kepada media di Jakarta, Kamis (12/01/2023).

Dikatakannya, optimisme tersebut seiring dengan sejumlah faktor. Pertama, konsumsi rumah tangga yang masih akan relatif stabil. Pemerintah masih akan memberikan bantuan perlindungan sosial yang bisa membeli daya beli masyarakat miskin dan miskin ekstrem.

Kedua, belanja pemerintah yang beralih kepada belanja dengan multiplier effect.

Kemudian tahun 2023 ini, Pemerintah juga tidak lagi menggulirkan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Anggaran PEN ini akan beralih ke belanja yang memiliki dampak ganda terhadap pertumbuhan ekonomi misalnya menggenjot UMKM dan sarana lainnya.

“Faktor berikutnya adalah investasi akan tetap tumbuh seiring dengan berlanjutnya proyek pembangunan infrastruktur prioritas, proyek strategis nasional, pembangunan ibu kota Nusantara, serta pengembangan industrialisasi,” ucapnya.

Lanjut Agung, untuk kegiatan ekspor juga masih sangat solid, didukung harga komoditas yang masih tinggi serta ditopang oleh industri manufaktur yang masih ekspansif.

“Faktor faktor-faktor tersebut tentunya hasil kerja keras Pemerintah beserta jajarannya dalam melakukan pemulihan ekonomi disaat pandemi, sehingga dikatakan tahan banting,” tegasnya. (PR/Fjr)

Fajar Irawan

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *